Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Bersepeda ?


Bersepeda memang dikenal sebagai salah satu olahraga yang sangat sederhana. Banyak orang yang suka bersepeda. Tapi, ada hal-hal yang patut diperhatikan sebelum berangkat bersepeda. Sebab, bila bersepeda tanpa mempersiapkan segala hal, bukan hanya tidak nyaman, kemungkinan celaka ketika bersepeda juga lebih tinggi. Simak beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum memulai olahraga bersepeda.

Kondisi Sepeda

Gunakan sepeda yang cocok dengan mempertimbangkan tinggi badan dan kondisi jalan. Pilih sepeda yang tidak begitu tinggi. Standarnya, tinggi sepeda bisa dicapai dengan cara berjinjit. Usahakan ketika mengayuh sepeda, lutut dapat tertekuk sempurna 90 derajat. Jenis sepeda juga disesuaikan dengan kondisi jalan. Apabila rute perjalanan melewati jalanan kota, pilih sepeda dengan roda tipis, contohnya sepeda fixie atau sepeda lipat. Jika rute perjalanan melewati jalanan yang nggak rata, sebaiknya pilih sepeda berjenis mountain bike atau sepeda dengan roda tebal dan kasar.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban dan rem sepeda sebelum berangkat. Kalau perlu, tambahkan lampu agar terlihat oleh pengendara lain, terutama ketika kondisi cuaca mendung atau pada malam hari.

Perlengkapan Bersepeda

Selain mempersiapkan sepeda juga harus mempersiapkan peralatan bersepeda demi keselamatan dan kenyamanan mulai dari pakaian, sepatu, helm, dan kaus tangan. Usahakan menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Pakaian dengan bahan spandex sangatlah cocok untuk bersepeda, sebab kain spandex akan mengikuti bentuk tubuh. Jangan menggunakan celana panjang ketika bersepeda. Celana panjang akan dengan mudah terjepit di rantai sepeda sehingga menimbulkan kecelakaan. Pakailah sepatu yang lentur supaya nyaman dalam mengayuh sepeda. Disarankan untuk menggunakan kaus tangan untuk menghindari selip telapak tangan ketika berkeringat.

 Stretching

Stretching atau biasa disebut dengan peregangan otot sangat perlu dalam setiap jenis olahraga, demikian pula dengan bersepeda. Stretching dapat menghindarkan tubuh dari kram karena kegiatan tersebut dapat melenturkan otot dan membuat otot lebih mudah untuk beradaptasi. Fokuskan peregangan di daerah kaki dan punggung. Kedua daerah tersebut merupakan bagian yang paling aktif ketika bersepeda.

Peraturan lalu lintas

Saat bersepeda juga harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Ini sangat penting untuk menghindari adanya kejadian kecelakaan. Selain itu, banyak kota-kota besar sudah memiliki jalur bersepeda tersendiri dan tentunya ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk bersepeda. Apabila tidak ada jalur sepeda, setidak-tidaknya tetap berada di sisi kiri bila bersepeda di jalan raya.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai olahraga bersepeda, agar memperoleh efek. tubuh yang sehat dan bugar juga keselamatan saat berolahraga, karena persiapan yang matang jauh lebih baik daripada penanggulangan.

0 komentar:

Posting Komentar